Pertamina harus belajar banyak dari Shell

February 29, 2008 at 3:32 pm 3 comments

Pertamina ? Siapa sih yang ga kenal Pertamina ? apalagi yang punya kendaraan atau yang punya bengkel, dll. Pertamina dari dulu sudah mendominasi (bahasa kasarnya: memonopoli) distribusi BBM.

Nah sejak Shell membuka cabang di Jakarta, Pertamina kalang kabut karena menemukan saingan. Bahkan Pertamina pernah banting harga untuk bersaing dengan Shell. Tapi tidak semua Pom Bensin diturunkan harganya. Hanya Pom bensin yang lokasinya dekat dengan Shell saja yang diturunkan harganya. Kalau tidak salah hanya untuk lima pompa bensin yang ada di Jakarta dan Tangerang. Daerah lain tidak.

Shell mempunyai kelebihan dalam pelayanannya. Dari cara bicaranya saja sudah ada khasnya misalnya “Selamat sore Pak… Mau pilih yang mana pak ? Mau pilih yang Super atau ….bla….bla…bla… Di mulai dari angka 0 ya Pak”.

Nah semenjak ada saingan, Pom Bensin Pertamina mulai mengikuti langkah Shell dalam hal pelayanan, Mulai dari “Selamat sore Pak… ….bla….bla…bla… Di mulai dari angka 0 ya Pak”. Tapi ini tidak bertahan lama. Pelayanan di Pom Bensin Pertamina kembali ke semula yaitu cuex bebex. Ya.. mungkin ada 1 atau 2 orang yang ramah tapi yang lainnya benar-benar cuex abis.

Selain itu tiba tiba di salah satu Pom Bensin Pertamina ada fasilitas untuk Cek Angin (Isi Angin). Loh kok tiba tiba ada ? Ya iya lah.. kan belajar dari Shell. Tapi pelayanan yang di tawarkan di Pom Bensin Pertamina tidak seperti yang di tawarkan di Shell.

Kalo di Shell, ada orang yang melayani untuk fasilitas Cek Angin (Isi Angin). Tapi kalo di Pom Bensin Pertamina TIDAK ADA ORANG YANG MELAYANI. Kita sendiri yang harus isi angin sendiri !! Ck ck ck.. Sangat disayangkan sekali ya.. seharusnya di Pom Bensin tsb ditempatkan 1 orang untuk melayani pelanggan.

Semoga selain Shell, akan ada lagi saingan yang lainnya agar Pertamina bisa banyak belajar dari saingannya tsb. Dan yang paling penting, masyarakat di untungkan dari adanya persaingan tsb.

Salam Sukses buat Shell & Pertamina.

Ditunggu komentarnya. Thx.

Entry filed under: info, tips. Tags: , , , , , , , , , , , , , , .

Buku Menkes Fadilah Bikin Gerah AS-WHO Akhirnya POSTING Juga

3 Comments Add your own

  • 1. papario  |  March 4, 2008 at 5:42 pm

    pertamina dulu masih perusahaan yang fokus pada “functional benefit”. Hanya jualan minyak !.
    Setelah ada kompetitor, barulah mawas diri berubah menjadi perusahaan yang mengedepankan “emotional benefit”. Memperhatikan kebutuhan pelanggan.
    Dan suatu saat akan berubah lagi – bermetamorfosis – menjadi perusahaan yang “spiritual benefit” yaitu Lebih berorientasi pada kemaslahatan umat !.

    salam marketing
    Papario

    Reply
  • 2. ANAK AGUNG SANTOSA  |  May 22, 2008 at 11:41 am

    WOWWW SAYA SANGAT SETUJU SEKALI JIKA ADA BANYAK POM YANG AKAN TIMBUL DI NEGARA INDONESIA,SEBAB SAYA KINI TINGGAL DI USA YANG MANA BENER BENER PERSAINGAN KETAT YANG LUAR BIASA !! APAKAH INI TIDAK MENGUNTUNG KAN MASYARAKAT PADA UMUM NYA? TENTU NYA MASYARAKAT DENGAN ADANYA BANYAK PERSAINGAN YG BANYAK PADA AKHIRNYA KITA SENANG MENDENGAR DAN MELIHAT AKAN NEGARA KITA SEMANGKIN PRIHATIN DAN MELIHAT AKAN KAWASAN MASYRAKAT YANG BANYAK DIBAWAH STANDAR KETIDAK KEMAMPUAN AKHIR JAMAN INI!! ITU SEBAB NYA SAYA SELALU BERDOA UNTUK NEGARA INDONESIA. GBU

    Reply
  • 3. idesukses  |  May 27, 2008 at 11:05 am

    thx buat komentarnya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


February 2008
M T W T F S S
« Dec   May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Recent Posts

Categories

Blog Stats

  • 208,431 hits

Pages


%d bloggers like this: